Total Pengunjung

Follow by Email

Lokasi Kami:

Text Widget

Download

Hubungi Kami

CV. Susun Bentang Alam
Jl. Muhajirin, Perum Anugerah Regency
Arengka 1, Kota Pekanbaru 28293
HP/WA : 0813 6549 6595
Email : admin@susunbentangalam.co.id;
cvsba.pekanbaru@gmail.com
Website: https://www.susunbentangalam.co.id

Unordered List

Recent Posts


Rabu, 13 Juni 2018

Pengaruh Nilai pH pada Pertumbuhan Kelapa Sawit


Baik sobat planter kali ini kita akan membahas pengaruh pH terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kelapa sawit. Mungkin diantara kita mendengar kata pH sudah tidak asing lagi.
Untuk kembali mengulas pengetahuan kita, bahwa pH adalah derajat keasaman yang dinilai dari kanndungan ion H+ (Hplus) atau OH- (OHmin) di dalam suatu media (umumnya di dalam air). Semakin rendah nilai pH maka akan semakin tinggi konsentrasi H+ dan keasaman akan semakin tinggi dan sebaliknya, semakin tinggi nilai pH maka konsentrasi OH- akan semakin tinggi, konsentrasi H+ semakin rendah. Hal ini biasanya disebut pH Basa.



Nah, sekarang apa pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit? Yaa sangat banyak. Mengapa?

Mari kita jelaskan satu per satu:

1. pH rendah akan menyebabkan tingginya kelarutan nutrisi di dalam air.

Kebanyangkan jika unsur hara yang akan diserap oleh akar malah makin banyak larut di dalam air sehingga akar kesulitan untuk menyerap unsur hara karena tingginya kelarutan unsur hara ke dalam air dari pada ke pori-pori akar. ini lah yang menyebabkan kenapa kalau kita memberikan pupuk di lahan gambut, tetapai tanaman tak juga kunjung membaik. terutama pada unsur pH. Menurut beberapa ahli bahwa pada pH asam, unsur N yang hilang hingga 73% dan yang sisanya 27% belum tentu juga diserap oleh akar sebab jika pH asam, sistem perakaran pun akan semakin kehilangan tekanan osmotiknya karena suasana yang tidak sesuai dengan kondisi optimum dari akar dalam menyerap unsur hara.

2. Tinggi kelarutan unsur K, Mg, Ca, Cu, Zn, Mn dan Fe.

Di dunia laboratorium zat yang digunakan untuk mengawetkan sampel air adalah asam nitrat (HNO3) hal ini dilakukan agar unsur unsur tersebut tidak mengendap. Nah hubungannya apa dengan nsur di tanah? ya banyak... karena sama kasusnya seperti pada poin 1 diatas bahwa pada pH asam, semua unsur hara akan lebih mudah larut ke dalam air dari pada terserap ke dalam pori-pori akar.

Nah, dari 2 penjelasan di atas kita pasti sudah dapat gambaran gimana efek dari pH yang asam dalam suatu media tanam (tanah) diperkebunan kelapa sawit kita.

Dimana pH asam terdapat?
Bagi kita tidak asing lagi tanah Gambut kan? ya tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tanaman yang tergenang oleh air sehingga membentuk sepertu tanah, tetapi tanah tersebut lebih dominan dari bahan organik sisa-sisa tumbuhan yang lapuk. Namun proses pelapukannya berlangsung cukup lama karena sisa-sisa tumbuhan tadi selalu dalam kondisi tergenang oleh air. Kebanyakan mikroorganisme dapat bekerja dalam menguraikan sisa-sisa tumbuhan pada kelembaban yang ideal. Jika kadar air terlalu tinggi proses penguraian terjadi secara Anaerob pada metabolisme anaerob ini, kebanyakan senyawa organik akan berubah menjadi asam-asam organik. Asam organik inilah yang juga menjadi faktor mengapa pH pada lahan gambut menjadi asam.

Nah untuk meningkatkan pH pada lahan gambut terbilang cukup sulit, diperlukan usaha yang sangat besar. diantaranya yang harus kita lakukan adalah:

  1. Menjaga tinggi muka air tanah
  2. Memberikan bahan pembenah tanah organik (pupuk organik)
  3. Kurangi pemakaian pupuk Anorganik
  4. Menambahkan pupuk hayati untuk membatu proses penguraian bahan organik agar lebih sempurna dan menjadi unsur hara yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan.

Sekian dulu ulasan kita kali ini, admin dan tim CV. Susun Bentang Alam akan terus meberikan ilmu-ilmu sederhana yangbermanfaat bagi keberlanjutan perkebunan kelapa sawit yang kita miliki.
Terimakasih.

Salam Kompa Selalu
Jayalah petani Indonesia

Tidak ada komentar:
Write komentar

Tinggalkan Pesan Jika Ingin Berkonsultasi

Tertarik untuk mengetahui informasi terbaru tentang CV. Susun Bentang Alam?
Silahkan tinggalkan alamat emai!